Minggu, 19 September 2010

SIAUW LIM SIE


Manusia bahkan dari zaman dahulu kala sudah mengenal berbagai macam seni beladiri yang beragam. Beladiri yang paling tua di Indonesia adalah Silat. Kemudian beladiri yang berasal dari luar Indonesia mulai memasuki perbeladirian Indonesia dan berkembang dengan pesat. Seperti Karate dari Jepang, Taekwondo dari Korea, Kungfu dari China dan lain sebagainya.
Berbagai beladiri tersebut semakin lama semakin berkembang, hingga beladiri yang asli di Indonesia hampir terlupakan, dalam arti kata bahwa perguruan pencak silat hanya digemari oleh sekelompok kecil golongan masyarakat saja dibandingkan dengan beladiri yang berasal dari luar negeri seperti Karate, Taekwondo, Judo, Kungfu dan lainnya yang mengalami perkembangan yang cukup pesat di dunia perbeladirian Indonesia saat ini. Memang pencak silat juga mengalami perkembangan saat ini hingga perguruan beladiri silat ini telah memasuki pertandingan yang bertaraf internasional seperti SEA GAMES. Walau demikian perguruan pencak silat ini tetap agak tertinggal dibandingkan dengan seni beladiri lainnya yang berasal dari luar negeri tersebut.
Wushu adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang masih tergolong baru di Indonesia. Wushu merupakan induk dari organisasi cabang-cabang olahraga beladiri Kungfu. Sama halnya FORKI untuk Karate, IPSI untuk Pencak Silat. Olahraga yang berasal dari China ini gerakannya memiliki persamaan dengan seni beladiri Karate yang menekankan pada pukulan dan tendangan, serta gerakan menangkis. Walaupun gerakan di dalam kungfu lebih mengalir dan tidak monoton. Beberapa gerakan dalam kungfu juga menekankan pada desakan, sapuan, gerak tipu dan bantingan, serta dorongan.
Demikian halnya dengan kungfu yang memasuki perbeladirian Indonesia pada tahun 1960-an (Jakarta). Mulai tahun 1960-an sampai dengan sekarang beladiri kungfu banyak mengalami perkembangan. Saat ini banyak sekali ragam-ragam dari beladiri kungfu yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah beladiri kungfu Naga Sakti Siauw Lim Sie yang berpusat di Jakarta. Seluruh beladiri yang terdapat di Indonesia tergabung dalam satu wadah yang bernama WUSHU INDONESIA.
Pada mulanya beladiri kungfu ini tidak termasuk dalam dalam olahraga yang dipertandingkan di Indonesia karena beladiri kungfu ini terlalu kasar dan bebas dalam melaksanakan pertandingan (full contact). Namun pada saat sekarang ini, beladiri kungfu ini sudah masuk dalam pertandingan nasional bahkan internasional yaitu pada Cabang Wushu yang banyak menggunakan teknik-teknik pemakaian jurus dan kelihatan dalam memainkan alat seperti pedang, golok, stick atau tongkat, tombak dan alat-alat yang dipergunakan dalam latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar